Sabtu, 19 Februari 2011

Tips Mencegah Keputihan

Diposting oleh Aserin Saprina di 13.33
Keputihan erat sekali kaitannya dengan kebiasaan sehari-hari. Salah satu penyebab utama keputihan adalah masalah kebersihan di sekitar organ intim. Misalnya tidak mengeringkan bagian organ intimnya setelah buang air kecil sehingga celana menjadi agak basah.

Organ intim wanita sangatlah sensitif dengan kondisi lingkungan. Karena letaknya tersembunyi dan tertutup, vagina memerlukan suasana kering dan bersih. Kondisi lembab akan mengundang perkembangbiakan jamur dan bakteri pathogen.

Agar terhindar dari 
keputihan maka kebersihan organ kewanitaan sebaiknya dijaga sejak bangun tidur dan mandi pagi.

Berikut tips-tips untuk mencegah keputihan :

1.    Jangan mempergunakan sabun pencuci vagina. Sebagian dokter ada yang mengijinkan tapi gunakanlah pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH pada organ intim wanita. Misalnya produk pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu karena produk seperti ini mampu menjaga seimbangan pH sekaligus meningkatkan pertumbuhan flora normal dan menekan pertumbuhan bakteri yang tak bersahabat. Kalau sabun antiseptik umumnya bersifat keras sehingga tidak baikdigunakan dalam jangka panjang.

2.    Selalu membersihkan dari arah depan ke belakang setelah berkemih ataupun buang air besar. Bila ke arah kebalikannya maka infeksi bakteri akan mudah masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi.

3.    Jangan gunakan petroleum jelly atau minyak pijat sebagai lubrikasi vagina Anda. Ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh di dalamnya.

4.    Jakan memakai bedak pada organ kewanitaan karena bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip disana-sini sehingga mengundang jamur dan bakteri bersarang.

5.    Keringkan vagina sebelum berpakaian.

6.    Gunakan celana dalam yang kering dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Seandainya basah atau lembab, sebaiknya segera diganti dengan yang bersih dan belum dipakai.

7.    Gunakan pakaian luar yang tidak mengganggu sirkulasi udara di sekitar organ intim, misalnya rok atau celana longgar.

8.    Saat haid, sering-seringlah berganti pembalut, karena disaat haid kondisi vagina sangat lemah. Sangat mudah bagi jamur dan bakteri berkembang biak.

9.    Jika suka memakai panty liner, ganti tiap selesai buang air kecil. Hindari yang mempunyai wangi, bedak dan lotion.

Semoga info ini bermanfaat buat para wanita.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Info untuk para Sahabat Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare