Sabtu, 19 Februari 2011

KEPUTIHAN

Diposting oleh Aserin Saprina di 13.27
Keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina. Keputihan bisa bersifat fisiologis (kondisi normal) namun bisa juga bersifat patologis (kondisi abnormal).
Keputihan tidaklah mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan

Keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum hawa. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan ini. Sebagaian menganggap ini adalah hal yang wajar. Padahal keputihan tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani.
Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim (servik), yang bisa berujung pada kematian.

Di dalam vagina terdapat berbagai macam kuman. Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman pH vagina, pada keadaan yang optimal. pH vagina seharusnya antara 3,5 s.d. 5,5. Flora normal ini bisa terganggu jika ada pemakaian antiseptik untuk daerah vagina bagian dalam. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan tumbuhnya jamur dan kuman-kuman yang lain. Padahal flora normal dibutuhkan untuk menekan tumbuhan yang lain itu untuk tidak tumbuh subur. Kalau keasaman dalam vagina berubah maka kuman-kuman lain dengan mudah akan tumbuh sehingga akibatnya bisa terjadi infeksi yang akhirnya menyebabkan keputihan.

Pemakaian sabun antiseptik yang sekarang banyak diiklankan, untuk daerah vagina, sebenarnya tidak masalah bila dipakai sebagai obat luar. Pembilasan vagina dengan anti septik sebaiknya atas dasar indikasi. Bila terkena keputihan sebaiknya ke dokter saja, daripada mengatasinya sendiri dengan obat-obatan antiseptik yang dimasukkan ke dalam vagina.

Baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Info untuk para Sahabat Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare