Sabtu, 19 Februari 2011

Keputihan Normal

Diposting oleh Aserin Saprina di 13.28
Pada Vagina wanita dewasa terdapat bakteri yang baik yang disebut dengan basil Doderlein. Dalam keadaan normal jumlah basil ini cukup dominan dan membuat lingkungan vagina bersifat asam sehingga vagina mempunyai daya proteksi yang cukup kuat. Disamping itu vagina juga mengeluarkan sejumlah cairan yang berguna untuk melindungi diri dari terhadap infeksi.

Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah.
Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.

Jadi, keputihan masih sebatas normal jika :

·         Cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu. Cairan ini bisa encer atau kental seperti lendir.

·         Terjadi sebelum atau sesudah haid, selama masa kehamilan, saat masa subur (ovulasi) dan saat terangsang seksual.

§  Tidak gatal dan tidak berbau.

§  Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta.

§  Gadis muda pada masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Istilah keputihan acap kali digunakan sebagai referensi umum untuk sekresi vaginal, baik yang normal maupun abnormal. Karena tidak ada istilah lain dalam bahasa Indonesia yang umum dipakai untuk sekresi vaginal. Hal ini menimbulkan kerancuan di masyarakat.

Baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Info untuk para Sahabat Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare